Docker Orchestration

Apa itu Docker

Jika dilihat dari sudut pandang tertentu, bisa dibilang Docker bekerja seperti virtual machine (VM). Namun melainkan membuat seluruh virtual OS, Docker memperbolehkan aplikasi untuk menggunakan Linux kernel yang sama dengan sistem tempat mereka bekerja, dan hanya membutuhkan aplikasi untuk dikirimkan dengan hal yang belum ada pada komputer host. Karena hal tersebut, ukuran aplikasi yang perlu di deploy pun dapat diperkecil, dan juga memberikan dorongan terhadap performa aplikasi.

Manfaat penggunaan Docker

Ada beberapa manfaat besar yang bisa didapatkan dengan menggunakan Docker. Diantaranya adalah:

Arsitektur Docker

Arsitektur Docker, source: https://docs.docker.com/get-started/overview/
  1. container: merupakan sebuah instance dari image yang bisa dijalankan. Menggunakan Docker API atau CLI container dapat diatur, baik dibuat, dihapus, dijalankan, diberhentikan, dan lainnya. Secara default, container terisolasi dengan baik terhadap mesin host maupun container lainnya. Sebuah container didefinisikan dari image maupun semua konfigurasi terhadap container tersebut. Command yang digunakan untuk memulai container adalah “docker run”.

Perbedaan Docker dengan Virtual Machine

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, Docker memiliki cara kerja seperti Virtual machine. Namun, ada beberapa hal yang jelas membedakan kedua hal tersebut, diantaranya adalah:

Struktur VM (kiri) dan docker (kanan), source: https://geekflare.com/docker-vs-virtual-machine/

Mana yang lebih baik, Docker atau Virtual Machine?

Sebenarnya relatif, namun berdasarkan perbandingan diatas, docker memiliki kelebihan yang lebih dibandingkan virtual machine, sehingga mungkin docker merupakan pilihan yang lebih baik. Namun, tentunya tetap ada situasi dimana virtual machine dibutuhkan dari docker, seperti contoh ketika kita mempunyai aplikasi atau server yang dibutuhkan untuk berjalan pada OS yang berbeda, sehingga penggunaan virtual machine pun masih dibutuhkan.

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store