Menjadi People Person dalam Bekerja di dalam Tim

source: https://www.australianonlinecourses.com.au/wp-content/uploads/are-you-a-people-person-your-best-career-match.jpg

Komunikasi yang baik merupakan hal yang penting ketika bekerja dalam tim. Dengan komunikasi yang baik, kerja sama antar anggota tim pun akan semakin lancar. Untuk mencapai hal tersebut, kita harus menjadi orang yang pandai bersosialiasi terhadap anggota tim, atau terhadap orang lain secara general. Pada artikel ini, saya akan membahas tentang cara menjadi orang tersebut dengan cara menjadi people person.

Apa itu People Person?

Berdasarkan Cambridge Dictionary, people person merupakan seseorang yang ramah dan senang bertemu maupun berbicara dengan orang lain. People person memiliki beberapa sifat-sifat diantaranya adalah suka menyapa orang lain, merupakan pendengar aktif, senang berbicara dan bersosialisasi, mampu mengingat hal-hal penting, dan memiliki sifat rendah hati.

Ciri-ciri People Person yang lebih baik

Untuk menjadi people person yang lebih baik, ada beberapa aspek yang penting, beberapa diantaranya adalah:

  1. Mempunyai kepribadian yang karismatik. Dengan memiliki kepribadian yang karismarik, berinteraksi dengan orang lain pun akan jadi mudah dan menyenangkan. Agar memiliki kepribadian karismatik, kita harus menjadi orang dengan sikap yang lebih baik, lebih disenangi orang, dan harus memberikan dampak positif terhadap orang sekitar.
  2. Dapat memengaruhi orang lain (dalam hal yang positif). Influence merupakan salah satu kemampuan yang paling kuat untuk dimiliki orang. Kemampuan kita untuk mengubah pemikiran, emosi, dan mood orang lain mengindikasikan seberapa people person kita.
  3. Memperkuat karakteristik positif yang kita miliki. Misalkan kita memilikih sebuah karakteristik yang baik untuk diri kita sendiri dan orang lain, kita harus berusaha untuk mempertahankan dan memperkuat karakteristik tersebut. Seperti apakah kita bijaksana, tidak mementingkan diri sendiri, atau berwawasan luas.
  4. Dapat membuat orang tersenyum. Senyuman dan tawa merupakan hal yang dapat membuat suasana menjadi lebih damai dan nyaman. Menjadi orang yang dapat membuat orang lain tersenyum merupakan kemampuan penting yang dapat membuat perbedaan besar dalam berhubungan dengan orang lain.
  5. Suka membantu orang lain. Jika ada orang lain yang membutuhkan bantuan, tentunya kita harus bersedia menolong dengan suka hati, apalagi jika yang meminta bantuan merupakan anggota tim.
  6. Bisa membuat orang lain merasa penting. Orang yang pandai bersosialisasi sadar bahwa belajar untuk tidak memandang diri sendiri merupakan cara yang paling baik untuk mendapat reaksi positif dari orang lain. Jika orang lain merasa dirinya penting, tentunya akan memotivasi dirinya untuk bekerja lebih baik.

Cara menjadi People Person yang baik dalam bekerja di dalam tim

Dalam bekerja dalam tim, menjadi people person dapat membuat komunikasi dan kerjasama antar anggota kelompok lebih lancar. Berikut adalah hal-hal yang dapat membantu kita menjadi people person dalam melakukan pekerjaan di dalam tim.

Anggota-anggota tim yang saling kenal dan berteman antar satu sama lain akan lebih kompak ketimbang dengan orang-orang asing. Oleh karena itu, berusaha berteman dengan anggota tim merupakan hal yang sangat baik untuk menjadi people person. Jika kita berteman dengan anggota tim, komunikasi pun akan lebih lancar ketimbang harus berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi ketika salah satu anggota tim merupakan seseorang yang pemalu, dia akan ragu-ragu untuk bertanya ataupun berbagi informasi dengan anggota tim. Selain itu, Anggota yang saling kenal tidak akan ragu untuk menegur anggota tim lain ketika dia melakukan kesalahan. Terkadang ada anggota yang melakukan kesalahan seperti telat mengerjakan tugas yang telah diberikan, tentunya sebagai anggota kelompok kita harus berani menegur anggota tersebut agar dia lebih rajin untuk selanjutnya. Tentunya, orang yang saling tidak kenal akan sulit untuk menegur satu sama lain, sehingga seringkali anggota yang malas atau bahkan seorang free rider dalam kelompok suka dibiarkan saja.

Pada kelompok project yang saya kerjakan, semua anggota yang ada sudah saling kenal dan berteman dekat dengan satu sama lain. Hal itu membuat komunikasi dalam kelompok kami sangatlah lancar. Ketika ada hal yang ingin ditanyakan kami bisa langsung saling membantu antar satu sama lain dengan lancar. Selain itu, kami juga menjadi mudah mengingatkan anggota lain ketika ada pertemuan atau hal yang harus dikerjakan tanpa ragu-ragu.

Berhubungan dengan hal sebelumnya, menjalin hubungan dengan anggota tim dan saling membantu antar satu sama lain merupakan hal yang dapat membantu kita untuk akrab dan berteman dengan anggota tim lain. Ketika ada anggota tim yang kesulitan, tentunya sebagai sesama anggota tim dengan tujuan yang sama, membantu mereka merupakan kepentingan terbaik untuk kita sendiri. Selain itu, saling membantu antar satu dengan anggota tim dapat membuat hubungan anggota tim lebih kuat. Selain itu, dengan saling membantu pekerjaan setiap anggota pun akan lebih mudah dan cepat selesai, karena tentunya dua pikiran lebih baik daripada satu. Jika kita hanya memikirkan pekerjaan kita sendiri di dalam kelompok, meskipun kita bisa menyelesaikan tugas yang diberikan tidak ada artinya jika tugas anggota lain tidak selesai karena pada akhirnya pekerjaan yang kita lakukan merupakan kepentingan untuk tujuan akhir yang sama.

Dalam pengerjaan project yang saya kerjakan, seringkali anggota bertanya dan membantu antar satu sama lain. Jika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh seorang anggota sendiri meskipun sudah mencari solusinya di internet, seringkali kami bertanya atau bahkan melakukan share screen untuk menunjukan masalah yang kami hadapi. Selain itu, terkadang ada anggota yang memiliki tugas yang mirip dengan apa yang telah dikerjakan oleh anggota lain sebelumnya. Daripada harus memakan waktu lebih lama dengan mencari solusi pengerjaannya di internet, anggota yang memiliki pengalaman bisa mengajarkan anggota lainnya sehingga pekerjaan mereka jauh lebih cepat selesai karena sudah tidak perlu mencari solusi.

Untuk menjalin hubungan yang baik antar anggota kelompok, kita harus pandai untuk memahami antar satu sama lain. Dalam pengerjaan suatu hal dalam sebuah kelompok, tentunya sering kali terjadi kesalahan yang disebabkan oleh sebuah individual. Memarahi individual tersebut tidak akan membantu, melainkan menurunkan moral anggota tersebut sehingga bahkan dapat menurunkan performanya dalam pengerjaan tugas selanjutnya. Kita harus bisa memahami apa masalah yang dihadapi anggota tersebut, dan apa yang menyebabkan mereka membuat kesalahan tersebut. Kemudian, kita bisa memberi nasihat atau bantuan sehingga kesalahan tersebut tidak akan terulang di masa depan. Selain itu, memarahi anggota tim hanya akan memberikan dampak negatif lain seperti membuat hubungan antar anggota lain memburuk sehingga menurunkan performa tim secara keseluruhan. Dengan melihat dari sudut pandang orang lain, kita bisa jadi lebih mengerti perasaan orang tersebut, sehingga kita bisa menjadi orang yang understanding dan tidak cepat marah terhadap kesalahan orang lain.

Pada pengerjaan project pada kelompok kami, tentunya setiap anggota kelompok, termasuk saya sendiri, sering melakukan kesalahan yang membuat hasil project yang kami kerjakan tidak memenuhi ekspektasi. Jika ada anggota yang melakukan kesalahan tersebut, kita tentunya tidak pernah memarahi anggota tersebut, karena selain dapat merusak hubungan antar anggota, juga dapat merusak pertemanan yang kita miliki diluar pengerjaan project. Selain itu, setiap anggota sudah pernah melakukan kesalahan sehingga tidak ada yang pantas untuk memarahi anggota lain. Namun, kita tetap sering menegur anggota kelompok ketika mereka melakukan kesalahan. Seperti contoh, ketika anggota kelompok ada yang suka tidak menghadiri meeting kelompok, seringkali kami menelpon untuk mengingatkan bahwa ada meeting, dan memperingatkan mereka bahwa kehadiran mereka dapat memengaruhi nilai akhir yang didapatkan. Karena hal tersebut, setiap anggota kelompok pun rajin hadir pada meeting-meeting selanjutnya.

Dengan menerapkan hal-hal diatas, pengerjaan project kelompok saya pun menjadi lancar dan hubungan antar anggota pun tetap baik. Meskipun tentunya ada masalah dalam pengerjaan project dari waktu ke waktu, dengan kerja sama antar anggota tim kami bisa menjadi lebih cepat dan mudah dalam mengatasi masalah tersebut.

Sekian artikel yang saya buat mengenai Menjadi People Person dalam Bekerja di dalam Tim, terima kasih.